Cloudflare, akhir-akhir ini memberikan sebuah promo kepada user, untuk dapat menggunakan layananya secara cuma-cuma, yang sudah mencakup layanan yang sangat cukup bagi website kecil-kecil an, salah satu fitur tersebut adalah SSL gratis, SSL atau yang biasa disebut Secure Socket Layer, adalah suatu sistem keamanan tambahan yang memungkinkan transfer data antara Client dengan Server terjadi secara aman, yaitu menggunakan sebuah algoritma enkripsi data, yang terjadi pertukaran kunci akses antara client dan server , sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya serangan hacker MITM( Men In The Middle Attack) yaitu serangan yang dilakukan hacker dengan cara berpura pura menjadi server atau client palsu untuk mendapatkan informasi dari pertukaran data tersebut, serangan MITM termasuk serangan yang sangat serius karena dapat menimbulkan kerugian besar berupa Nomor kartu kredit, email, password dll. jadi untuk mengurangi(memerangi) hal tersebut kita dianjurkan menggunakan SSL agar informasi kita aman.

Cara mendapatkan SSL

  1. Daftar/Login ke Cloudflare
  2. Pilih ke Website yang akan kita beri SSL
  3. Pilih menu Crypto
  4. pilih menu bagian SSL, akan ada 3 jenis SSL seperti pada gambar
ssl

3 Tipe SSL adalah :

  1. Flexible SSL(Recomended): SSL tipe ini adalah tipe koneksi yang hanya terjadi pengenkripsian data pada koneksi antara Client Dan Cloudflare, tipe ini sangat disarankan karena tidak memerlukan setting tambahan.
  2. Full SSL : SSL tipe ini memungkinkan pengenkripsian data terjadi pada koneksi antara Client ke Cloudflare dan Cloudflare ke Server asli, setting tipe ini memerlukan setting tambahan pada bagian server lokal kita(Cpanel)
  3. Full SSL[Strict] : SSL tipe ini sama dengan SSL tipe ke 2 tetapi, memerlukan sertifikat SSL asli dari penyedia SSL, seperti GeoTrust, dll. setting tipe ini memerlukan biaya tambahan untuk membeli sertifikat SSL yang harganya sekitar $15
  1. Setting SSL sesuai kebutuhan, tetapi sangat disarankan menggunakan Flexible SSL
  2. Tunggu 1-3 Hari untuk memastikan setting berhasil, jika berhasil ditandai dengan dapat diaksesnya server  menggunakan Protokol Https

dengan menggunakan SSL, maka koneksi anda dengan client akan terjamin aman, dan akan meningkatkan SEO level, karena google menggunakan algoritma yang mengedepankan keamanan website.

Sekian, bila ada kesalahan mohon untuk dikoreksi, melalui menu Comment dibawah ini.

LEAVE A REPLY