Dalam matematika, matriks adalah kumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi, berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks. Contoh matriks dengan 2 baris dan 3 kolom yaitu

\begin{bmatrix}1 & 9 & -13 \\20 & 5 & -6 \end{bmatrix}.

Pemanfaatan matriks misalnya dalam menemukan solusi sistem persamaan linear. Penerapan lainnya adalah dalam transformasi linear, yaitu bentuk umum dari fungsi linear, misalnya rotasi dalam 3 dimensi.

Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

A = \begin{bmatrix} a_{11} & a_{12} & a_{13} \\ a_{21} & a_{22} & a_{23} \\ a_{31} & a_{32} & a_{33} \\ \end{bmatrix} \!

Kita dapat dengan mudah membuat program untuk membuat ataupun memanipulasi isi matriks dengan memanfaatkan Array, Array adalah sekumpulan nilai yang sama tipenya dan disatukan dalam 1 buah container/wadah yang disebut Array.

Berikut adalah Source Codenya:

1.Memasukkan Nilai Matriks NxN

Algoritmanya adalah kita membuat sebuah wadah array 2 dimensi, lalu membuat perulangan sebanyak masukkan user, dan disimpan di array 2 dimensi tersebut, lalu kita keluarkan hasil array tersebut menggunakan perulangan.

2.Penjumlahan Matriks

Algoritmanya adalah pertama kita menentukan ordo matriksnya, lalu program akan meminta inputan sebanyak ordo menggunakan looping, lalu masing masing matriks a dan b dijumlahkan di array c, lalu hasilnya akan dikeluarkan menggunakan looping lagi.

3.Pengurangan Matriks

Algoritmanya adalah pertama kita menentukan ordo matriksnya, lalu program akan meminta inputan sebanyak ordo menggunakan looping, lalu masing masing matriks a dan b dikurangkan di array c, lalu hasilnya akan dikeluarkan menggunakan looping lagi.

4.Perkalian Matriks

Algoritmanya adalah  program meminta inputan sebanyak 2×2 menggunakan looping, lalu masing masing matriks a dan b dikalikan di array c, lalu hasilnya akan dikeluarkan menggunakan looping lagi.

5.Determinan Matriks

Algoritmanya sangatlah ribet, pertama menentukan ordo, lalu memasukkan inputan matriks menggunakan looping, lalu mengolah nilai det pada class yang berbeda, data diseleksi pada class tersebut dan menggunakan rumus yang berbeda beda, lalu hasil akan dikeluarkan dan dikembalikan di class asal yaitu determinan.

Screenshoot:

matriks1

matriks2
matriks3
perkalian
det
Demikianlah tutorial cara membuat program aritmatika pada Matriks menggunakan bahasa pemrograman java, jika ada yang tidak jelas ataupun ada kesalahan mohon untuk menghubungi kami, melalui contact form ataupun kolom komentar, terimakasih. Sekian : ).

Tinggalkan Balasan