Banyak dari kita yang ingin mengakses internet lebih jauh lagi, tetapi sayangnya kebanyakan operator seluler beserta pemerintah indonesia menerapkan peraturan yang ketat dalam Blocking website, seperti pemblokiran beberapa sosial media ataupun website populer di dunia seperti Reddit,Tumblr,Vimeo,bahkan yang sedang hangat saat ini Netflix, entah apa yang menjadi alasan pemerintah dalam pemblokiran ini tetapi bagi kita yang orang awam hal ini menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan.

Baru baru ini Operator seluler beserta pemerintah melakukan cara baru dalam pemblokiran website yaitu melalui Transparent DNS, dengan cara terbaru ini sangatlah susah untuk Menjebol Blokiran dari Operator seluler, tidak seperti dahulu yang hanya dengan mengganti DNS secara manual melalui setting di PC ataupun Router kita sudah bisa mengakses web yang diblokir tsb, akan tetapi dengan sistem terbaru ini hampir dapat dikatakan bahwa cara jadul seperti diatas tidak akan bisa digunakan lagi, Oleh karena itu dibutuhkan cara cara baru untuk mengatasi hal tsb, seperti dengan cara dibawah ini :

1.Menggunakan DNSCrypt

chk_jschl

DNSCrypt adalah sebuah software yang dapat merubah DNS kita, fungsi dari DNS adalah menerjemahkan Domain menjadi sebuah IP, dengan menggunakan DNSCrypt kita dapat merubah DNS kita dengan sangat mudah, perbedaan antara DNSCrypt dengan setting manual adalah letak Port yang digunakan, jika sebelumnya kita menggunakan Port 53, sekarang kita menggunakan port 443, untuk diketahui dengan berlakunya Transparent DNS maka port default DNS di 53 sudah tidak bisa digunakan dan diblokir, maka untuk mengatasinya kita perlu menggunakan DNS Crypt, cara pengoperasian DNSCrypt sangatlah mudah, ada 2 pilihan yang dapat digunakan yaitu DNSCrypt dan Simple DNSCrypt, untuk user awam sangat direkomendasikan menggunakan Simple DNSCrypt, cara penggunaan adalah tinggal instal dan setting DNS mana yang akan digunakan.

2. Menggunakan Proxy

static1.squarespace.com

Untuk Proxy yang tersedia kita dapat menggunakan List yang tersedia di internet, fungsi Proxy adalah mengubah IP, melalui Proxy Server yang tersedia, untuk cara kerja Proxy dapat dianalogikan menjadi sebuah sistem yang menggunakan Pihak ke 3 sebagai perantara, untuk list Proxy dapat dilihat di Hide My Ass! dan free Proxy List. Cara penggunaan setting Proxy, ada dibagian setting Browser.

3. Menggunakan VPN

openvpntech_logo_rounded_antialiased.png

VPN adalah Virtual Private Network, sebuah jaringan virtual yang dapat anda gunakan untuk berselancar di internet secara Anonymous, VPN biasanya digunakan oleh instansi perbankan dan kantor kantor perusahaan besar, VPN Premium biasanya berbayar dengan harga mulai Rp.200.000, tetapi banyak juga perusahaan menyediakan VPN gratis seperti Hotspot Shield dan UfreeVPN. Cara penggunaan VPN secara manual dapat diseting melaui Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Center – Set Up new Connection – Connect to workplace.

4.Menggunakan SSH

SSH_Communications_Security_logo.svg

SSH atau Secure Shell, adalah sebuah jaringan yang dibuat untuk melakukan kegiatan yang sangatlah rahasia dan aman, SSH mempunyai cara kerja yang hampir mirip dengan VPN dan Proxy, yang membedakan adalah kemampuan untuk mendukung UDP dan TCP, SSH biasanya juga dijual secara premium, tetapi anda juga bisa mencarinya SSH gratisan di internet,untuk akses SSH biasanya menggunakan software Bitvise.

5. Menggunakan Web Proxy

hma3

Web Proxy adalah sebuah pengembangan dari sistem proxy, web proxy hanya bisa digunakan untuk akses website saja tanpa dukungan untuk aktifitas lain, contoh web proxy yang tersedia secara gratis adalah Hide My Ass dan webproxy.to. Untuk cara penggunaan adalah tinggal menuju ke website web proxy tersebut, dan masukkan Url tujuan.

Itulah beberapa hal yang dapat anda gunakan untuk Bypass Internet Positif ataupun Nawala Block, selain fungsi tersebut ternyata menggunakan cara diatas dapat mempercepat koneksi internet anda.

Sebaiknya cara cara diatas digunakan secara tepat, dan tidak digunakan untuk melakukan Cyber Crime. Silahkan anda coba masing masing cara diatas, dan jangan lupa untuk berkomentar tentang cara mana yang lebih efisien.

 

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY