Iklan adalah hal yang sangat wajar berada di dunia blogging, iklan sudah menjadi separuh nyawa dari sebuah blog, sudah menjadi rahasia umum bahwa blog/website mendapatkan pemasukan utama dari pendapatan iklan, akan tetapi banyak juga para blogger yang hanya mengejar profit tanpa memperdulikan kenyamanan pembaca, memasang iklan memanglah tidak melanggar peraturan apapun, tetapi jika memasang iklan secara over / berlebihan juga merupakan kegiatan yang kurang bijak. Jika para pembaca sudah mulai bosan dengan tampilan website/blog yang dipenuhi dengan iklan maka perlahan tapi pasti jumlah perlahan lama kelamaan akan turun, dan akhirnya bisa membuat website tersebut sepi pengunjung atau bahkan mati.

Akan tetapi kita sebenarnya juga bisa untuk menghilangkan iklan iklan tersebut secara manual, baik iklan yang disebabkan oleh Adware atau yang memang dipasang oleh pemilik website tersebut, ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan iklan tersebut mulai dari yang simpel hingga yang agak ribet.

Pada artikel kali ini saya sudah merangkum beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan iklan yang membandel, oke untuk mempersingkat waktu silahkan disimak tips dibawah ini.

1.Menggunakan Plugin Browser

apple-inc-ios-9-receives-adblocking-tools-courtesy-of-adblock-plus

Beberapa browser sudah menyediakan sebuah plugin yang dapat dipasang pada browser anda, seperti Plugin AdBlock, AdBlock Pro, Youtube AdBlocker dll.Plugin ini hanya dapat mengatasi iklan yang dipasang oleh pemilik website, bukan iklan yang disebabkan oleh Adware. cara kerja dari Plugin ini adalah menghapus beberapa elemen iklan dari Html yang diterima oleh browser, kadangkala plugin ini tidak berfungsi secara maksimal, jika iklan yang dipasang bukan berasal dari publisher iklan ternama seperti adsense, ataupun popAds, karena plugin ini bekerja berdasarkan database yang disediakan oleh pengembangnya.

2.Menggunakan AdwCleaner

maxresdefault

AdwCleaner adalah sebuah program yang disediakan oleh ToolsLib, AdwCleaner digunakan jika cara pertama tidak berhasil digunakan, biasanya iklan yang tidak bisa diatasi oleh plugin disebabkan oleh Adware, cara kerja dari AdwCleaner adalah dengan menghapus adware beserta cache, registry dan data iklan tersebut. AdwCleaner dapat anda download dari situs penyedianya ToolsLib.

3.Menggunakan DNS

openvpntech_logo_rounded_antialiased.png

DNS atau Domain Name System, adalah sebuah penerjemah Domain menjadi IP, DNS juga dapat digunakan untuk mengatasi Iklan yang membandel, beberapa DNS yang dapat anda gunakan secara gratis adalah alternate DNS dan OpenDNS.

4.Menggunakan Antivirus

bit

Beberapa Antivirus sudah menyediakan fitur Adware removal, fitur Adware removal hampir sama dengan yang dimiliki oleh AdwCleaner, beberapa Antivirus yang sudah mempunyai fitur ini adalah Bitdefender dan Malware Bytes

5.Menggunakan Browser khusus

opera-internet-browser-makeover

Selain menggunakan plugin ada juga beberapa Browser yang sudah menyediakan Ads Blocker yang otomatis tersedia. dengan Browser seperti ini anda dapat menghemat storage dan resources yang digunakan oleh plugin plugin tambahan tersebut, Browser yang sudah menyediakan fungsi tersebut adalah Opera, Avant dan QuipZilla.

Iklan memanglah hal yang mengganggu, tetapi kita juga harus dapat membedakan mana iklan yang mengganggu dan yang tidak, janganlah anda langsung menggunakan adsblock secara berlebihan, karena anda juga harus ingat beberapa situs yang anda kunjungi setiap hari bisa bekerja melayani anda dengan bantuan dari dana yang didapat dari iklan, anda juga harus mau menerima iklan dari kami para blogger, karena itulah satu satunya sumber tenaga kita.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi iklan yang membandel di Browser, jika ada yang kurang jelas dapat anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini, sekian.

14 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan