Apple baru saja merilis update firmware terbesar sejak iOS 9.0 diluncurkan tahun lalu.

Pada Update kali ini Apple menyediakan sebuah fitur baru yang diberi nama Night Shift, fungsi dari fitur ini adalah mengurangi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar iPhone anda saat malam hari.

Mirip dengan F.lux ,yang didesain pada Personal Computer , Night Shift mengatur temperatur warna dari layar anda saat berada pada suasana gelap, semakin gelap suasana maka temperatur warna akan semakin hangat yang ditandai dengan warna layar yang berubah agak ke kuningan.

perbandingan Night Shift mode On dengan yang Normal
perbandingan Night Shift mode On dengan yang Normal

Anda dapat menemukan pengaturan untuk Night Shift di menu pengaturan utama dengan menuju ke Settings -> Display & Brightness – > Night Shift . Dari sana , Anda dapat mengontrol kapan Anda ingin fitur ini aktif.  Anda juga dapat mengatur temperatur warna layar secara manual dengan slider.

Night-shift-1-640x570
Display Setting

Night Shift diatur secara default untuk aktif pada waktu antara Matahari terbit dan Matahari terbenam , tetapi Anda juga dapat membuat jadwal khusus kapan fitur ini harus aktif dengan memilih  “From to” menu di layar pengaturan . Dari sana , Anda dapat memilih waktu yang Anda inginkan untuk memulai dan mengakhiri .

Anda juga dapat dengan cepat beralih untuk on dan off dari Control Center iOS dengan ikon shortcut baru , yang berguna untuk saat-saat ketika Anda ingin menyesuaikan sementara  temperatur layar anda seperti saat mengedit foto, misalnya.

nightshiftcontrolcenter-800x411
Control Center iOs

Jika Anda belum pernah menggunakan F.lux atau software yang serupa , sulit untuk mengetahui betapa banyak perbedaan saat anda membuat perubahan pada temperatur layar anda.Ini tidak hanya mengurangi ketegangan mata di malam hari , dengan ini anda tidak akan pernah dikritik orang lagi gara gara anda mengganggu orang tersebut dengan pancaran layar iPhone anda yang terlalu terang.

Sekilas inilah fitur baru dari Night Shift seperti yang ditunjukkan pada Video dibawah

Fitur ini sudah tersedia secara publik pada update 9.3 beta, banyak orang yang menyambut positif tentang kehadiran fitur ini, banyak orang yang mengaku bahwa ia dapat tidur lebih nyenyak sejak menggunakan fitur ini, dan sangat membantu untuk anda yang suka browsing pada malam hari menggunakan ponsel anda, tanpa khawatir mengganggu kesehatan mata anda.

“Mempunyai pendapat tentang fitur baru iPhone ini???, sampaikan pendapat anda melalui kolom komentar dibawah ini..”

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan