Komputer anda dapat menyala(‘booting’) dengan sangat lama, walaupun komputer anda terbebas dari virus dan anda sudah menghindari untuk mendownload program program bajakan atau program yang tidak terpercaya, anda pasti bingung kenapa booting nya tidak secepat dahulu? anda pasti berpikir ‘apakah komputer saya sudah tidak layak atau yang ketinggalan jaman??’.

Tenang, jangan khawatir kami memiliki sebuah beberapa cara jitu untuk mengembalikan kecepatan booting anda agar kembali cepat seperti semula, jika anda mengikuti setiap instruksi dari kami maka kami jamin waktu booting anda akan lebih baik dari sebelumnya, cara ini dapat anda lakukan untuk PC ataupun Mac anda, dan cara ini tergolong cara yang aman daripada anda harus menghapus System32 anda, seperti yang dikatakan artikel lain.

1. Jagalah Desktop anda agar tetap bersih

other-mac-osx
Mac Os Storage

Salah satu cara termudah untuk mempercepat waktu boot Anda adalah dengan membersihkan desktop Anda. Semakin banyak file, foto, folder dan program yang ada pada komputer dapat menyebabkan waktu booting anda bertambah lama. tahukah anda setiap booting komputer harus mengecek semua file dan folder yang ada di komputer anda dan memasukkanya ke Memory utama, sehingga jika file anda banyak maka waktu untuk memasukkanya ke memory juga semakin lama, sehingga menambah waktu booting anda.

Untuk mengatasi masalah ini anda hanya perlu menghapus file,folder ataupun program anda yang sudah tidak dipakai secara berkala, dengan begini anda akan mengurangi beban kerja dari komputer saat booting. anda dapat menghapus file,folder,ataupun program secara manual dengan cara menghapusnya satu persatu, ataupun menggunakan sebuah software yang tersedia di internet seperti cleaner ataupu tuneup.

Atau jika anda mempunyai Harddisk maka anda dapat memindahkan file atau folder pribadi anda dari komputer ke Harddisk anda, sehingga menambah storage yang tersedia untuk virtual memory anda sekaligus mengurangi file yang dimasukkan ke memory utama saat booting, sehingga mempercepat booting anda.

2. Keluar dari Program yang tidak terpakai (untuk Mac)

Hanya karena anda menekan X merah di sebelah kiri atas jendela Anda tidak berarti Anda sudah keluar dari program, di Mac Anda dapat menutup setiap jendela yang nampak, akan tetapi itu tidak menghentikan setiap proses yang berada pada layar Background anda.

650x236ximage182.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.sy0vjua1qi
Quit Google Chrome on Mac Os

Jika Anda sudah selesai menggunakan Mac Anda , pastikan Anda menghentikan setiap program yang tidak perlu pada startup sebelum mematikan, Mac memiliki sebuah sistem yang akan membuka program yang belum anda tutup pada sesi sebelumnya, sehingga Mac anda akan membuka program yang lalu saat booting sehingga menambah beban dari Mac anda ,yang akan menyebabkan proses booting yang lebih lama.

Anda dapat berhenti program dengan pergi melalui menu program di kiri atas dan memilih “Quit Program” atau dengan menekan tombol ⌘ – Q .

3. Hentikan Program yang berjalan secara otomatis

Bahkan jika Anda sudah keluar dari setiap program sebelum mematikan komputer Anda , beberapa aplikasi akan memulai secara otomatis ketika anda boot lagi. Memiliki beberapa program yang berjalan secara otomatis saat Startup memiliki banyak kerugian yaitu akan menghabiskan sumber daya komputer Anda dan memperlambat seluruh proses .

Jika anda menginstal Program ,beberapa dari mereka akan mensetting dirinya untuk aktif bersamaan dengan booting, hal ini biasanya berlaku untuk program yang memerlukan Update dan Program yang sangat penting seperti Antivirus dan Software Updater, akan tetapi ada juga adware yang berjalan secara otomatis, adware ini biasanya ikut terinstal saat anda menginstal program bajakan ataupun program gratisan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mematikan Program tersebut:

Mac Os

apps-that-start-up-on-my-mac-when-I-turn-it-on
Startup Setting Mac

Buka System Preferences lalu pilih setting User and Groups, dibawah username anda beralihlah dari tab password ke tab Login item’s disini anda akan melihat beberapa program yang berjalan secara otomatis saat startup. klik tombol lock dibagian kiri bawah dan masukkan password anda untuk melakukan perubahan, kemudian pilih program yang ingin nonaktifkan lalu tekan tombol “-” dibawah daftar untuk menghapusnya, disini anda harus menghapus beberapa untuk mempercepat boot anda, akan tetapi tidak dianjurkan untuk menghapus semuanya, karena dikhawatirkan akan mengganggu jalanya sistem anda.

Windows

lost
Startup setting Windows

Windows memiliki perbedaan cara untuk mematikan startup program, untuk windows 8 keatas anda dapat mematikan melalui Task Manager dengan cara klik kanan pada bar bawah anda dan pilih task Manager , lalu pindah ke Startup programs, lalu disable program yang ingin anda matikan, Untuk windows 7 kebawah anda dapat mematikanya melalui MsConfig dengan cara buka run atau klik ⊞ win + r, lalu tuliskan msconfig, lalu beralih ke menu startup, dan disable program yang tidak anda butuhkan, sama seperti Macs anda dianjurkan untuk mendisable beberapa tapi tidak semua karena akan mengganggu jalanya sistem windows anda.

4. Bersihkan Temporary Files

lsoa
Remove Cache in Mozilla Firefox

Jika browser Internet Anda adalah hal pertama yang Anda klik saat Anda memulai komputer Anda , Anda mungkin harus membersihkan file-file sementara dan cookie yang tersimpan di dalamnya . Setelah beberapa saat , browser Anda akan terjebak dengan item yang disimpan dalam cache , yang berbentuk seperti Autofill form , informasi login dan History . Jika Anda pergi ke preferensi browser Anda , membersihkan cache dan menghapus cookie Anda akan menghapus semua itu. Anda harus login lagi di website yang menyimpan info Anda , namun peningkatan kecepatan akan sangat terasa pada browser dan komputer anda.

5. Install program Optimasi Booting

Image 001
AVG TuneUp

Beberapa Vendor Software sudah menyediakan sebuah firmware untuk optimasi Booting seperti yang ada pada AVG dan vendor lainnya, fungsi dari Firmware ini adalah menjalankan trik 1-4 dari artikel ini secara otomatis, sehingga anda sangat disarankan untuk menggunakan tips ke lima ini, jika anda menggunakan sebuah firmware maka komputer anda akan berjalan lebih cepat tanpa perlu anda setting semua secara manual.

Inilah beberapa Panduan yang dapat anda gunakan untuk mempercepat Booting anda, jika anda menjalankan semua panduan ini maka dapat dipastikan komputer anda akan booting lebih cepat dan membuat produktifitas anda dapat optimal.

“Mempunyai pendapat tentang panduan ini, sampaikan pendapatmu melalui komentar dibawah ini…”

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan