Sekarang pemain Pokemon Go! tidak perlu khawatir lagi tentang izin keamanan yang sedikit membingungkan bagi kebanyakan pengguna, Google secara resmi akan mengubah beberapa izin keamanan guna meminimalisir terjadinya kerancuan pada beberapa aplikasi populer salah satunya adalah Pokemon Go!.

Banyak orang yang khawatir akan izin pada Pokemon Go! yang berlebihan, yaitu meminta semua data pengguna dari akun google anda, akan tetapi menurut developer Pokemon go! hal ini tidaklah benar, pihak developer hanyalah akan mengambil data tentang nama dan alamat email dari akun anda, bukan seperti yang tertera pada keterangan izin aplikasi.

Ilustrasi Izin Pokemon Go!
Ilustrasi Izin Pokemon Go!

Google juga akan mengurangi beberapa izin Pokemon Go! yaitu hanya dapat mengambil basic data seperti nama , email dan tanggal lahir. seperti yang ada pada pernyataan resmi google dibawah ini.

We recently discovered that the Pokémon GO account creation process on iOS erroneously requests full access permission for the user’s Google account. However, Pokémon GO only accesses basic Google profile information (specifically, your User ID and email address) and no other Google account information is or has been accessed or collected. Once we became aware of this error, we began working on a client-side fix to request permission for only basic Google profile information, in line with the data that we actually access.  Google has verified that no other information has been received or accessed by Pokémon GO or Niantic. Google will soon reduce Pokémon GO’s permission to only the basic profile data that Pokémon GO needs, and users do not need to take any actions themselves.

Masalah keamanan ini pertama kali diketahui oleh Adam Reeve seorang pakar keaman dari RedOwl yang menulis tentang bahaya dari izin yang diberikan oleh google yang terlalu luas dan dapat menyebabkan pencurian data sensitif dari akun google anda, data yang dapat didapat oleh izin ini adalah Kalender, Email, Riwayat Pencarian bahkan dapat mengetahui keberadaan gadget anda yang terhubung dengan akun google anda.

Sementara google tengah memperbaiki masalah ini , Developer Pokemon GO! sekarang tengah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk melaunching aplikasi populer ini ke seluruh dunia, untuk saat ini pengguna di indonesia belum dapat mengunduh aplikasi ini di google store atau iOs store.

Memiliki tanggapan tentang masalah keamanan ini?, berikan tanggapan anda di kolom komentar dibawah ini..

9 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan