Mungkin banyak orang masih mengeluhkan tentang flexibillity sebuah bahasa pemrograman, kenapa harus ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia. Contoh Saja jika kita ingin membuat aplikasi di Android kita harus menguasai Java, Untuk membuat aplikasi di iOS harus menggunakan Objective-C, dan Windows Mobile Phone harus menggunakan C#.
Praktis untuk menjadi seorang Mobile Developer kita harus paham ke 3 Bahasa Tersebut, belum lagi harus menguasai format penataan User Interface yang cenderung berbeda pada 3 Platform Tersebut, dan lain-lain seperti penggunaan Library yang berbeda-beda dan kadang hanya ada pada salah satu platform saja, padahal kita sudah familiar dengan Library tersebut.

Tapi Jangan khawatir, kini bagi kamu para mobile developer tidak perlu susah-susah seperti dulu lagi, sekarang kamu bisa coding 1x untuk 3 platform yang berbeda, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi, tenang disini kami akan bahas solusi untuk permasalahan kamu.

Hirarki Xamarin

Perkenalkan Xamarin, IDE paling keren untuk mobile developer, dengan menggunakan IDE ini kamu bisa membuat 1 Kode Aplikasi untuk 4 Platform yang berbeda yaitu Android, iOS, Windows 8 Mobile (Win RT) dan Windows 10 Mobile (UWP) bahkan dengan UWP Aplikasi kamu juga mungkin dapat berjalan pada Sistem Windows 10 Versi Desktop ataupun IoT.

Untuk menggunakan Xamarin kamu hanya perlu memahami 1 bahasa pemrograman saja, yaitu C#(C-Sharp), Sintaksis pada C# sangatlah mirip dengan Java dikarenakan C# memang dibuat untuk memudahkan para developer mobile, jika kamu sudah pernah membuat aplikasi untuk Windows Mobile maka kamu tidak perlu adaptasi lagi.

Skema Xamarin + Xamarin.Forms

Sebenarnya didalam Xamarin terdapat 3 Compiler, yaitu Compiler Java untuk aplikasi Android mu, lalu ada Compiler Objective-C untuk iOS dan terakhir Compiler .NET untuk Windows Mobile, dengan adanya 3 compiler ini maka ukuran IDE Xamarin akan sangat membengkak hingga mencapai 30an GB, akan tetapi dengan ukuran yang sangat besar kamu juga akan mendapatkan Keuntungan yang sangat besar juga.

“WITH ONE CODE, CAN CONQUER ALL PLATFORM!”

Pada Awal perkembangan Xamarin hanya bisa digunakan untuk membuat program atau sistemnya saja tanpa UI, dan kamu harus mengatur UI sendiri untuk masing masing platform, tapi berbahagialah sekarang Xamarin sudah mampu untuk menangani UI dari semua platform menggunakan Xamarin.Forms, dalam penggunaan Xamarin.Form kamu akan diharuskan memahami setting layout secara manual menggunakan teks atau menggunakan XAML.

Aplikasi Hasil Xamarin Forms

Tapi jangan khawatir, kamu juga bisa menggunakan designer tapi tidak untuk semua platform, untuk menggunakan designer kamu harus mendefinisikan desain untuk masing masing platform, tapi tenang ini cuma tinggal drag and drop kok.

Dengan berbagai kelebihan ini, maka mungkin ketenaran dari Android Studio ataupun xCode akan disalip oleh Xamarin Studio dan Visual Studio, karena denggan 1 kode kamu bisa menaklukan 3 Platform sekaligus.

Sekian, jika kamu menganggap artikel ini bermanfaat maka bagikan artikel ini pada teman-teman anda, thanks!

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan