Hai guys, meneruskan postingan sebelumnya tentang xamarin pada artikel ini Perkenalkan IDE Paling Bad Ass, Xamarin!, kali ini saya akan membahas langkah langkah dasar dalam pembuatan aplikasi multiplatform menggunakan xamarin.Pada percobaan kali ini pastikan anda sudah memiliki instalasi dari Xamarin Studio atau Visual Studio 2017 dan sudah mengaktifkan opsi Xamarin dan Xamarin Forms.

Pada percobaan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat tentang Struktur kode pada xamarin forms, pada percobaan kali ini saya menggunakan Visual Studio 2017, dari pada berlama-lama mari kita mulai percobaan ini.

Membuat Project Xamarin

Untuk memulai membuat project Xamarin Form, buka Visual Studio 2017, kemudian buat project Cross Platform – Blank Xaml App dengan nama Latihan1.

Image
Membuat Project Xamarin pada Visual Studio 2017

Setelah project selesai dibuat maka anda akan dapat melihat tampilan solution explorer pada Visual Studio yang berisi 5 project yaitu:

  • Portable: berisi project utama yang akan dishare secara otomatis ke project yang mempunyai platform spesifik.

  • Image
    Hirarki Project Xamarin

    Droid: project untuk platform Android.

  • IOS: project untuk platform IOS.

  • Windows 8.1: project untuk platform Windows 8.1.

  • Windows Phone 8.1: project untuk platform Windows Phone 8.1.

  • UWP (Windows 10) – jika anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dan menginstal Windows 10 SDK.

Menjalankan Aplikasi Android 

Untuk menjalankan aplikasi Xamarin Forms pada platform Android, anda dapat menggunakan tools Visual Studio Emulator for Android atau menggunakan Android Emulator Manager (AVD).

Untuk menjalankan melalui AVD anda dapat langsung memilih build pada atas toolbar anda, dan akan ada pilihan Virtual Device yang dapat anda pakai, dalam contoh ini saya menggunakan Virtual Device Android dengan Versi 4.4 (KitKat).

Image
Memilih Virtual Device

Atau anda juga dapat menekan tombol F5 pada keyboard untuk menjalankan aplikasi anda. Setelah proses kompilasi dan deployment selesai maka anda dapat melihat aplikasi anda di emulator.

Image
Tampilan Virtual Device saat Aplikasi Berjalan

Menjalankan Aplikasi Xamarin Forms pada IOS

Langkah pertama adalah mengarahkan project utama ke IOS project dengan cara klik kanan pada solution explorer, kemudian pilih Latihan1.IOS sebagai startup project.

Image
Konfigurasi Project untuk build project

Untuk menjalankan aplikasi IOS anda membutuhkan komputer Mac. Anda dapat menjalankan IOS simulator lewat Visual Studio namun tetap membutuhkan komputer Mac yang diremote lewat Visual Studio.

Untuk terkoneksi dengan komputer Mac, pilih Tools – IOS – Xamarin Mac Agent.

Image
Memilih Mac untuk build Project

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Image
Instruksi untuk build aplikasi iOS

Untuk dapat terkoneksi dengan komputer Mac, mengkompilasi kode, dan menjalankan aplikasi pada IOS simulator, anda harus terhubung dengan komputer Mac yang berada pada satu jaringan. Adapun requirement yang dibutuhkan untuk diinstal pada komputer Mac adalah sebagai berikut:

  • Komputer Mac yang menjalankan OS X Yosemite (10.10) atau versi yang lebih tinggi.

  • Xamarin Studio 5.10 atau versi yang lebih tinggi.

  • Xamarin.iOS SDK.

  • Apple’s Xcode(7+) IDE dan iOS SDK.

Menjalankan Aplikasi Xamarin Forms pada Windows Phone/Windows 8.1/ UWP Win 10.

Untuk menjalankan aplikasi Xamarin Forms pada Windows, ubah startup project menjadi WinPhone/Win8/UWP.

Image
Konfigurasi untuk Build Project

Untuk menjalankan aplikasi pada Windows Phone 8.1 anda harus mengunduh emulator Windows Phone 8.1.

Untuk menjalankan aplikasi Windows 8.1 atau UWP anda dapat menggunakan simulator yang sudah terinstal di Visual Studio. Alternatif lain anda juga dapat langsung memasang aplikasi tersebut pada komputer anda (menggunakan OS Win 8.1 atau Win 10).

Image
Memilih Simulator untuk aplikasi windows

Tampilan dari aplikasi Xamarin Forms yang sudah dipasang pada simulator Windows 8.1 adalah sebagai berikut:

Image
Tampilan Aplikasi pada Simulator

Dapat anda lihat bahwa tampilan aplikasi yang dijalankan sama persis dengan aplikasi yang dipasang pada OS Android. Ini menunjukan bahwa dengan Xamarin Forms anda dapat membuat aplikasi native yang dapat dijalankan multiplatform.

Sekian jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ini, terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, dan sampai jumpa pada bagian selanjutnya dari Xamarin 101!.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan