Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, ribuan aplikasi dan sistem diluncurkan setiap hari. akan tetapi tahukah kamu bahwa perkembangan teknologi saat ini tak lain adalah efek dari semakin banyaknya web service yang tersedia.

Web service merupakan Tulang Punggung dari sistem teknologi saat ini, pernahkah kalian mendengar Azure, Google Cloud Service, Amazon Web Service?, mungkin banyak yang belum mengetahui tentang apa yang saya sebutkan tadi.  Azure , GCS dan AWS adalah beberapa web service terbesar di dunia. dengan adanya web service pekerjaan developer dalam mengerjakan project akan semakin mudah dan semakin ringan, yang menyebabkan waktu perkembangan dari sebuah project akan berkurang secara drastis.

Dengan adanya Web Service, developer tak perlu lagi susah-susah mengkonfigurasi server, mulai dari DNS, web server, security hingga routing. Developer tinggal menggunakan modul-modul yang disediakan oleh web service.

Salah satu Web Service yang paling populer adalah Microsoft Azure, dengan Azure kita dengan mudah mendeploy aplikasi kita mulai dari php, nodejs, hingga java. pada artikel kali ini saya akan menunjukkan betapa mudahnya dalam melakukan deploy aplikasi pada azure.

Note : Pastikan anda sudah login dan mempunyai subcscription Azure yang valid, minimal menggunakan subscription dari Dreamspark.

Dari halaman dashboard Azure pilih New Resources.

Kemudian pilih Web App Kemudian pilih Create.

Kemudian masukkan informasi dari web app anda, mulai dari Nama Aplikasi, Subscription, Resource Group dan App Service plan.

Sesudah data dimasukkan dan klik create, maka informasi yang anda masukkan akan divalidasi tunggu dalam beberapa menit.

Kemudian sesudah itu web app anda akan dideploy oleh azure, tunggu dalam waktu 1-2 menit, jika deploy berhasil maka anda akan di redirect ke halaman yang berisi informasi dan konfigurasi dari web app yang anda buat tadi.

Kemudian pilih menu Application setting, disini anda akan diberikan konfigurasi dari web app anda, pada bagian ini anda juga disuruh untuk memilih versi php mana yang ingin anda gunakan. dalam contoh ini saya menggunakan versi php 7.1, sesudah melakukan konfigurasi maka klik tombol save.

Kemudian pilih AppServiceEditor,  anda akan diredirect ke halaman lain. disini anda akan menemukan halaman explorer yang dapat anda gunakan untuk membuat file/direktori, menghapus file/direktori bahkan live coding menggunakan explorer tsb.

Dalam contoh ini saya akan membuat file dengan nama index.php yang isinya adalah sebuah syntax untuk memanggil fungsi phpinfo yang akan menampilkan informasi dan konfigurasi dari php.

Kemudian saya akan mencoba untuk membuka website saya di http://deploy-php-faathin.azurewebsites.net/ untuk melihat apakah berhasil membuat file, jika muncul informasi php maka setting berhasil.

Selain itu anda juga bisa mengirim file ke azure menggunakan ftp, untuk artikel mengenai ftp dalam azure akan kami bahas dilain waktu.

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kolom komentar dibawah ini, terimakasih dan sampai jumpa dilain waktu.

Tinggalkan Balasan